Cara Mendapatkan Kembali Mini Toolbar Windows Media Player Di Windows 7

Seperti yang kita tahu, Windows 7 hadir dengan Windows Media Player versi 12 yang mengandung banyak sekali fitur fitur baru dan juga tampilan yang sedikit berbeda. Tapi tampaknya pihak Windows telah menghapus fitur taskbar toolbar alias mini toolbar di Windows Media player versi 12 ini.

taskbar toolbar di windows 7, pasang WMP taskbar windows 7, mini windows player windows 7

Namun akhirnya saya menemukan sebuah trik di AskVG mengenai cara mengembalikan mini taskbar WMP di Windows 7 :D. Jika kalian juga ingin mendapatkan kembali fitur ini, teman teman bisa langsung menuju artikelnya yang berbahasa Inggris dengan mengklik disini atau bisa juga lanjutkan membaca saja tutorial yang sama yang saya buat dibawah ini.

Langkah demi langkah mengembalikan fitur mini taskbar Windows Media Player di windows 7.

1. Fitur mini toolbar ini sebenarnya di simpan dalam sebuah file DLL yang disebut "wmpband.dll" yang tersimpan di direktori program files Windows Media Player sama seperti versi sebelumnya. Pihak microsoft telah menghapus file DLL ini dari direktori WMP 12 Windows 7 sehingga fitur ini tidak lagi tersedia.

Kamu bisa menyalin file DLL ini dari WMP 11 Windows Vista ke Windows 7. Tapi kalau tidak memiliki akses ke sistem Windows Vista, kamu bisa mendownloadnya di sini.

Download

2. Setelah di download, salin DLL file tersebut ke direktori WMP 12 yang defaultnya ada di C:\Program Files\Windows Media Player

pasang wmpband.dll windows 7, registrasi file wmpband.dll, add file wmpband.dll ke windows 7

Untuk Windows 7 64bit,  kamu juga perlu menyalin file DLL yang 32bit ke C:\Program Files(x86)\Windows Media Player

3.  Selanjutnya, klik kanan di Computer yang ada di start menu dan pilih Manage. Setelah itu pilih Services dan cari Windows Media Player Network Sharing service kemudian klik kanan dan pilih Stop.


register file wmpband, cara tambah toolbar wmp windows 7, pasang wmp taskbar player

4. Terakhir adalah meregistrasi wmpband.dll ke dalam sistem. Ketikkan "cmd" di start menu, klik kanan di cmd.exe dan pilih Run As Administrator. Ketikkan teks berikut.

Untuk pengguna 32bit Windows 7 - regsvr32 "%programfiles%\Windows Media Player\wmpband.dll"
Untuk pengguna 64bit Windows 7 - regsvr32 "%programfiles(x86)%\Windows Media Player\wmpband.dll"

Jika langkah di atas dilakukan dengan benar, maka hasilnya akan seperti dibawah ini. (pengetesan menggunakan Windows 7 64bit).

dll register server, registry server

Selesai sudah, sekarang tinggal buka Media Player, Klik kanan di taskbar > Toolbars > Windows Media Player untuk mengaktifkan mini toolbarnya. :)

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy